Panoramaku Panorama Indonesia Menjelajahi Kawasan Wisata Religi Ampel, Surabaya - Panoramaku
Senin, 20 Januari 2014

10.54

Menjelajahi Kawasan Wisata Religi Ampel, Surabaya. Jika anda kebetulan berada ke surabaya jangan lewatkan untuk berkunjung ke jalan KH Mas Mansyur kelurahan Ampel, Semampir atau yang lebih dikenal dengan kawasan Wisata Religius Sunan Ampel. Lokasi yang berada ditengah kota membuat transportasi untuk mencapai tempat tersebut sangat mudah dijangkau.

Kawasan Wisata Religi ini sangat sering dikunjungi para peziarah yang khusus datang untuk mengunjungi makam sunan Ampel. Makam sunan Ampel berada disisi barat mesjid agar dapat mendatangi area makam sunan Ampel para peziarah harus melewati sembilan gapura.Jumlah gapura tersebut melambangkan sembilan wali atau lebih dikenal dengan walisongo.

Selain mengunjungi makam sunan Ampel anda juga harus melihat keunikan dari mesjid sunan Ampel yang memiliki 16 tiang penyanggah yang terbuat dari kayu jati dengan ukuran kurang lebih 17 meter tanpa sambungan. konon umur tiang penyanggah tersebut lebih dari 600 tahun dan masih kokoh hingga sekarang.

Pada setiap tiang penyanggah terdapat ukiran peninggalan jaman Majapahit yang bermakna keesaan Tuhan. Ciri khas dari masjid sunan Ampel ialah Menara masjid yang menjulang setinggi 50 meter. Selain itu disekitar makam sunan Ampel terdapat sumur yang bersejarah, konon air sumur tersebut dipercaya memiliki beragam khasiat.

Bagi anda yang berkunjung menggunakan bis rute yang bisa ditujuh adalah dari terminal Bungurasih dilanjutkan Naik bis kota tujuan Jembatan Merah Plasa,lanjut naik Taksi Atau dengan Becak dan jika anda datang menggunakan kereta api rute yang dituju yaitu turun di stasiun Semut lalu naik becak ke wilayah Semampir.

0 komentar:

Posting Komentar