Panoramaku Panorama Indonesia Wisata Goa Terawang Kabupaten Blora - Panoramaku
Selasa, 21 Januari 2014

01.43


Wisata Goa Terawang Kabupaten Blora. Berjarak 32 Kilometer dari arah barat kota Blora anda akan menyaksikan Kawasan wisata Goa Terawang. Kawasan ini memiliki enam goa dan merupakan kawasan goa terbanyak dijawa tengah. Untuk mencapai kawasan goa ini dapat ditempuh dari Semarang menuju Purwodadi, Wirosari terus untuk selanjutnya ke kunduran kabupaten Blora. kemudian dipertigaan depan Puskesmas Kunduran anda bisa belok kiri melintasi jalan desa sepanjang lebih kurang 8 kilometer.

Jika anda akan berangkat dari Blora, anda dapat menuju ke arah pertigaan Pasar Ngawen, kemudian belok ke kanan melintasi jalan menuju ke Japah, Padaan, Ngapus, hingga tiba di Todanan atau sekitar 10 kilometer.

Kawasan area Gowa Terawang memiliki lingkungan yang alami dengan hawa sejuk dihiasi panorama hutan yang mempesona dengan rimbunan pohon-pohon jatih tua, pohon asam dan trembesi. Lokasi gua ini yang berada pada ketinggian 172 meter dari permukaan laut, kawasan pegunungan kapur utara jawa tengah bagian timur. ketinggian kelima gua dalam area Gua Terawang bervariasi antara 1 hingga 24 meter. Bila memasuki musim hujan stalaktit akan meneteskan air hujan dan membuat bentuk stalaktit menjadi menawan.

Dalam sejarahnya Goa Terawang digunakan sebagai tempat pertemuan Bupati Blora semasa RMA Cokronegoro dengan pejabat belanda. Selain itu goa ini juga digunakan pada masa perang kemerdekaan sebagai daerah pertahanan bagi para pejuang.

Keunikan dari goa ini para wisatawan dapat dengan leluasa menikmati keindahan gua sebab di langit-langit gua terdapat lubang-lubang yang membuat cahaya dapat menerangi bagian dalam gua. cahaya yang masuk menciptakan sinar yang bias sehingga para pengunjung bisa melihat detail yang jelas dari tiap sudut gua. Jika anda berniat mengunjungi Goa Terawang dengan anggaran yang minim bisa lihat juga Tips saat berlibur dengan anggaran sedikit.

0 komentar:

Posting Komentar